Belajar Bisnis Komunikasi Lewat Simulasi Board Game

Belajar meningkatkan skill bisnis pada umumnya dengan mengadakan pelatihan yang mendatangkan pemateri lewat paparan-paparannya.

Tag:
Boardgame

Author:
Baca Malang

Published on:
19 September 2022

BACAMALANG.COM – Namun edukasi bisnis ternyata dapat digelar melalui game atau permainan sebagai media pembelajarannya. Inilah yang dilakukan Let’s Play Indonesia saat menggelar kegiatan Business Communication Edition “Get What You Want” di Ngalup Space Wilis, Sabtu (17/9/2022).

Head of Creative and Product Development Lets Play Indonesia, Arief Bawono Surya menuturkan, lewat game ini, pihaknya mengajak para partisipan untuk mengadakan praktik langsung lewat simulasi bisnis.

"Seperti saat ini ada juga materi basic komunikasi, maka kami mendukung dengan game-game, salah satunya bagaimana bernegosiasi yang baik,"

— Arif Bawono Surya, Head of Creative and Product Development

Kerjasama

Arief menambahkan, platform ini dapat diaplikasikan untuk siapa saja yang ingin belajar bisnis, baik itu UMKM, corporate maupun start-up (rintisan). Genre simulasi yang disediakan juga bermacam-macam, mulai marketing, operasional perusahaan sampai game mengatur keuangan.

Dijelaskan Arief, sejak dikembangkan pada tahun 2019 ini sedikitnya sudah ada 100 jenis game di katalog Let’s Play Indonesia hingga saat ini.

Namun ia mengaku card game atau board game yang digunakan sebagian besar masih produksi desainer dari luar negeri.

“Oleh karena itu kami juga selalu empowering produk-produk lokal yang sudah ada lewat simulasi-simulasi yang telah kami gelar agar industrinya dapat lebih tumbuh dan berkembang sesuai kebutuhan bisnis yang ada,” ujarnya.

Meski demikian Arief tidak menjual game-game ini. Pihaknya fokus kepada pelatihannya namun akan membantu apabila ada yang berminat untuk menitipkan menjual lewat mereka.

Let’s Play Indonesia yang home base-nya di Kota Batu ini sudah menangani beberapa klien, mulai sejumlah BUMN, serta ke depannya dengan salah satu perusahaan Singapura dan konsulat jenderal Amerika di Surabaya.

“Namun kami juga memberi pelatihan, salah satunya kepada teman-teman disabilitas lewat 3D printing, yang juga diperlukan untuk industri board game,” imbuhnya.

Arief menjelaskan bahwa platform yang mereka gunakan ini sangat fleksibel, karena dapat dipaparkan dan dimainkan secara online.

“Sehingga pada masa pandemi kami justru semakin berkembang, karena dapat lebih terkoneksi dengan berbagai pihak di luar Malang,” akunya.

Selain praktik melalui boardgame, para peserta juga mendapat materi dari Partnership Community and Event Associate Mekari, Wahyudi Sumardi dengan materi terkait basic komunikasi. Wahyu mengajarkan berbagi komunikasi baik internal dan eksternal hingga poin penting, yakni negoisasi.

“Dalam melakukan dealing lobbying ini, harus memiliki skill set. Mulai dari listening skill, problem solving dan critical thinking,” papar dia.

Sebelum berbicara dengan orang, harus melakukan riset terlebih dahulu.

“Setidaknya, bahas dulu hal-hal yang membuat orang interest ngobrol sama kita. Jangan langsung membahas pekerjaan,” kata dia.

Selain itu, kata Wahyu, juga harus pandai menjalin hubungan baik.

“Mungkin dari sekadar memberikan reaksi dari story media sosial atau kegiatan yang dilakukan. Hal seperti ini tidak hanya membantu meningkatkan branding perusahaan saja, tapi juga personal branding kita,” tandas dia.

Wahyu berharap, para peserta bisa terus belajar untuk meningkatkan skill dalam berkomunikasi.

“Bisa dari baca buku, belajar dari orang lain dan banyak hal,” pungkas Wahyu.

Penutup

CEO Ngalup Collaborative Network, Andina Paramitha menjelaskan, kegiatan ini digelar untuk memberikan wadah bagi teman-teman early stage startup untuk belajar basic pengetahuan tentang startup. Menurut dia, saat memasuki fase early stage, pelaku startup penting untuk mengetahui basic skill untuk berkomunikasi.

“Jika tidak bisa komunikasi dengan baik, bagaimana orang bisa tahu bisnis kita. Bagaimana juga cara untuk dealing dan lobbying, ini basic yang sangat penting,” tandas perempuan yang akrab disapa Andien ini.

LetsPlay Indonesia

LetsPlay Indonesia Copyright © 2023. All rights reserved

error: Content is protected !!