Game-Based Learning: Mendongkrak Motivasi Belajar Siswa dengan Lebih Menarik​

Pengajar dituntut untuk berfikir kreatif dalam mengembangkan gaya belajar. Namun, kebanyakan pengajar hanya berfokus pada gaya konvesional  dengan memberikan buku serta pemenuhan materi kurikulum tanpa mempertimbangkan output pembelajaran yang diinginkan.  Game Based Learning atau pembelaajaran berbasis games menjadi salah satu motivasi untuk meningkatkan proses belajar seorang. Game Based Learning mampu memberikan simulasi virtual terkait permasalahan yang ada di dunia nyata.

Tag:
Boardgame

Author:
Ping Point

Published on: 25 Agustus 2023

Game adalah aktivitas terstruktur atau semi terstruktur yang pada umumnya ditujukan untuk hiburan, tetapi bisa juga berfungsi sebagai alat edukasi. Kekhasan game yang menghibur dan memotivasi menjadikannya populer di kalangan banyak orang. Selain itu, game mampu mengajarkan berbagai keterampilan dan dapat dianggap sebagai opsi pendidikan yang berbeda. Salah satu evolusi menarik dalam dunia pendidikan adalah pengenalan pembelajaran berbasis game, atau yang dikenal dengan istilah Game-Based Learning (GBL). Konsep ini merevolusi cara kita memahami proses pembelajaran dengan memanfaatkan daya tarik dan interaktivitas permainan dalam lingkungan pendidikan formal dan informal.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pemahaman kita tentang psikologi pembelajaran, Game Based Learning (GBL) telah berkembang pesat. Dari permainan sederhana di kelas hingga platform digital yang kompleks, Game Based Learning (GBL) telah mengalami evolusi yang mengesankan. Berkat penggunaan grafis yang memukau, mekanisme interaktif yang menarik, dan algoritma adaptif yang cerdas, Game Based Learning (GBL) mampu menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif. Dalam era di mana teknologi memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, Game Based Learning (GBL) dapat menjadi alat yang kuat dalam meningkatkan proses pembelajaran. Namun, keberhasilan implementasinya bergantung pada desain permainan yang relevan, keseimbangan antara tantangan dan pencapaian, serta dukungan kustomisasi.

Artikel ini akan membahas mengenai keefektifan dari pendekatan Game Based Learning dalam proses mengajar dengan fokus pada manfaatnya, faktor-faktor pendukung, serta tantangan dalam mengimplementasikan Game based Learning.

Manfaat Game-Based Learning

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dalam mengaplikasikan Game Based Learning yang diterapkan :

  1. Meningkatkan Keterlibatan Siswa dimana memiliki daya tarik intrinsik yang mendorong siswa untuk terlibat lebih aktif dalam pembelajaran. Mereka akan merasa lebih termotivasi untuk berpartisipasi dan menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran.
  2. Pemahaman Konsep yang Lebih Mendalam melalui skenario atau tantangan dalam permainan, siswa akan dihadapkan pada situasi-situasi yang memerlukan penerapan konsep-konsep yang dipelajari. Hal ini memungkinkan mereka untuk memahami konsep secara lebih mendalam dan kontekstual.
  3. Peningkatan Retensi Informasi dalam permainan dapat membantu siswa mengingat informasi dengan lebih baik. Pengalaman bermain yang menyenangkan seringkali diingat dalam jangka waktu yang lebih lama.
  4. Pengembangan Keterampilan Lainnya sering kali melibatkan aspek-aspek seperti pemecahan masalah, kerjasama, kreativitas, dan kritis berpikir. Ini membantu siswa mengembangkan keterampilan yang berguna di luar konteks pembelajaran.

Faktor-faktor dalam Game-based Learning

Faktor utama Game Based Learning dalam mendukung keberhasilan pembelajaran dengan lebih interaktif, menarik, dan relevan, diantaranya :

  1. Desain permainan yang relevan harus dirancang dengan baik dengan tujuan pembelajaran. Setiap elemen permainan harus terkait dengan konsep yang ingin diajarkan
  2. Pemilihan platform yang tepat harus sesuai dengan lingkungan pembelajaran berupa permainan berbasis kompputer, aplikasi selular , atau permainan fisik didalam kelas
  3. Pemberian umpan balik yang segera dalam permainan dapat membantu siswa memahami kesalahan mereka dan memperbaiki pemahaman konsep
  4. Integrasi dengan kurikulum beserta GBL sebaiknya diintegrasikan dengan kurikulum yang ada agar dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran..

Tantangan Game-Based Learning ​

Pembelajaran di era digital juga menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan sosial, seperti akses internet yang tidak merata, ketidaksetaraan kemampuan teknologi di kalangan siswa, dan kurangnya pemahaman tentang cara memanfaatkan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran. GBL melibatkan penerapan prinsip permainan dalam konteks pembelajaran, selalu ada tantangan disetiap Game-Based Learning, diantaranya :

  1. Kurva pembelajaran : Beberapa siswa mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk menguasai permainan atau konsep yang diperlukan
  2. Pengevaluasian yang tepat : Mengevaluasi pemahaman siswa dalam konteks GBL bisa lebih kompleks daripada metode evaluasi tradisional
  3. Konteks pembelajaran yang berbeda-beda : Kekhasan tiap kelas atau lingkungan pembelajaran bisa mempengaruhi cara siswa merespon GBL. Desain permainan yang dibuat harus dapat mengakomodasi variasi tersebut.

Pentingnya Game-Based Learning

Sebagian besar sampel penelitian yang telah diobservasi sebelum diberikan Game Based Learning memiliki motivasi yang rendah, sampai kemudian diberikan model pembelajaran berbasis game. Sebagian besar mengakui bahwa Game Based Learning yang diterapkan cukup menarik dan penting karena dapat membantu dalam memahami dan menerapkan materi yang diajarkan. Keterlibatan seorang dalam Games Based Learning sebagai alat pembelajaran akan memotivasi untuk melakukan proses pembelajaran secara aktif, memproses konten pendidikan, meningkatkan pengalaman, atensi, serta kepuasan seseorang dalam pembelajaran.

Penutup

Game Based Learning berkontribusi positif dalam memotivasi belajar seseorang, sehingga dapat lebih mudah memahami serta mengimplementasikan apa fungsi dari Game Based Learning tersebut. Pendekatan Game-Based Learning juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman konsep. Namun, keberhasilan implementasinya tergantung pada desain permainan yang baik, pemilihan platform yang tepat, pemberian umpan balik yang tepat waktu, dan integrasi yang baik dengan kurikulum. Di sisi lain, Lets Play Indonesia sangat mendukung dengan mengembangkan platform berbasis permainan yang dirancang khusus untuk memfasilitasi Game Based Learning. Selain itu Lets Play Indonesia merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan klien serta menciptakan simulasi dan skenario yang mencerminkan situasi di dunia nyata.

LetsPlay Indonesia

LetsPlay Indonesia Copyright © 2023. All rights reserved

error: Content is protected !!