Let's Play Indonesia: Inovasi Pembelajaran Bisnis Melalui Game Based Learning

Let’s Play Indonesia membawa inovasi dalam pendidikan bisnis dengan pendekatan bermain sambil belajar, menarik orang tua yang awalnya skeptis dengan berbagai permainan yang tidak membosankan.

Tag:
Boardgame

Author:
MantraIDEA

Published on:
26 Juni 2024

Let’s Play Indonesia membawa revolusi dalam pendidikan bisnis dengan pendekatan bermain sambil belajar, mengatasi stigma orang tua terhadap konsep tersebut. Platform ini tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, tetapi juga menawarkan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan bermakna melalui berbagai permainan yang inovatif.

 

Inovasi Game-Based Learning: Let's Play Indonesia Mendorong Kreativitas dan Kewirausahaan

Let’s Play Indonesia, didirikan pada tahun 2019, telah menjadi platform unggulan dalam pelatihan kewirausahaan dengan pendekatan inovatif berbasis game. Mereka menawarkan lebih dari 150 jenis permainan, baik boardgame maupun online, yang dapat diakses melalui situs mereka atau langsung di basecamp Piknik Hub Malang. Kolaborasi yang luas dengan perusahaan-perusahaan ternama, baik dari sektor pemerintahan maupun swasta, menunjukkan bahwa Let’s Play Indo semakin dikenal dan berkembang dalam menerapkan metode pembelajaran yang efektif.

Proses pembelajaran di Let’s Play Indonesia melibatkan tiga tahap utama: pengenalan game yang sesuai, sesi bermain, dan sesi debriefing. Melalui pendekatan ini, peserta tidak hanya aktif berpartisipasi dalam pelatihan tetapi juga mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif dalam menangani masalah bisnis. Pendekatan design thinking dalam desain permainan mereka membantu memperkuat kemampuan problem-solving dan strategi bisnis, serta meningkatkan soft skill seperti negosiasi dan penyelesaian masalah pasar.

Let’s Play Indonesia juga telah memberikan sumbangan yang signifikan bagi ekosistem bisnis startup di Kota Malang, dengan kolaborasi yang semakin meluas termasuk dengan BUMN dan institusi pendidikan. Mereka memiliki visi untuk melibatkan lebih banyak desainer game lokal dalam pengembangan metode pembelajaran, sehingga mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia ke depannya.

Penutup

Let’s Play Indonesia memiliki harapan kuat untuk menghilangkan stigma bahwa belajar dan bermain tidak bisa dilakukan bersamaan. “Kami selalu berharap agar dapat menghilangkan stigma yang ada, bahwa bisa kok, belajar sambil bermain,” tutup Vano. Platform game based learning ini membuktikan bahwa pembelajaran bisa menjadi lebih menantang dan menyenangkan dengan kerangka berpikir kritis dan komunikasi dua arah.

Pembelajaran melalui game bukan hanya inovasi baru, tetapi juga solusi efektif untuk membuat proses belajar lebih menarik dan bermakna.

LetsPlay Indonesia

LetsPlay Indonesia Copyright © 2023. All rights reserved

error: Content is protected !!