Letsplay Indonesia Mengadakan Game Lab Program di Kota Blitar untuk Mendorong Edukasi Melalui Game

Salah satu fokus utama dalam sesi Game Lab Program adalah memberikan keterampilan kepada para guru dalam membuat game edukasi sederhana. Para peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari lima orang. Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk merancang dan membuat game edukatif dengan menggunakan prinsip-prinsip yang telah diajarkan selama sesi.

Tag:
Boardgame

Author:
Admin

Published on:
23 May 2023

Pada tanggal 16 Mei 2023, Letsplay Indonesia, sebuah organisasi yang fokus pada pengembangan game edukatif, mengadakan Game Lab Program di Kota Blitar. Acara ini dihadiri oleh sekitar 70 guru dari tingkat TK hingga SMP di Kota Blitar yang tertarik untuk mempelajari penggunaan game sebagai media edukasi yang efektif. Letsplay Indonesia diwakili oleh Arif Bawono Surya, Head of Innovation & Product Development Letsplay Indonesia, yang bertugas untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan game sebagai alat pembelajaran.

Dalam sesi Game Lab Program tersebut, para guru diberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan potensi penggunaan game sebagai sarana edukasi yang interaktif dan menarik. Arif Bawono Surya secara aktif terlibat dalam memberikan panduan dan contoh praktis kepada peserta tentang bagaimana mengintegrasikan materi pembelajaran dengan elemen game dalam kelas mereka. Melalui pendekatan yang inovatif ini, diharapkan para guru dapat meningkatkan daya tarik dan efektivitas pembelajaran bagi siswa.

Fokus Utama

Salah satu fokus utama dalam sesi Game Lab Program adalah memberikan keterampilan kepada para guru dalam membuat game edukasi sederhana. Arif Bawono Surya mengajarkan peserta tentang penggunaan game ular tangga sebagai inspirasi dalam menciptakan game edukatif yang menarik dan bermanfaat. Para peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari lima orang. Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk merancang dan membuat game edukatif dengan menggunakan prinsip-prinsip yang telah diajarkan selama sesi.

Setelah proses pembuatan game selesai, dilakukan sesi sharing di mana setiap kelompok mempresentasikan game yang telah mereka buat. Para peserta saling berbagi pengalaman dan diskusi tentang pendekatan yang mereka gunakan, tantangan yang dihadapi, serta hasil yang berhasil mereka capai. Proses ini tidak hanya memperkaya pengetahuan peserta, tetapi juga membangun koneksi dan kolaborasi antar guru yang memiliki minat yang sama dalam mengembangkan game edukatif.

Game Lab Program yang diadakan oleh Letsplay Indonesia di Kota Blitar ini merupakan langkah positif dalam memperluas pemahaman dan penerapan game sebagai media edukasi. Melalui kolaborasi antara organisasi seperti Letsplay Indonesia dan pihak pendidikan, diharapkan dapat tercipta lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan efektif bagi para siswa. Dengan memanfaatkan teknologi dan kreativitas dalam pengembangan game edukatif, pendidikan di Indonesia dapat mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan pembelajaran yang lebih relevan dan menarik bagi generasi muda.

Penutup

Letsplay Indonesia adalah organisasi yang berkomitmen untuk memberikan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif melalui game edukasi atau yang biasa dikenal sebagai Game Based Learning. Mereka percaya bahwa game edukasi adalah cara efektif untuk melibatkan siswa dan membantu mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan di abad ke-21.

LetsPlay Indonesia

LetsPlay Indonesia Copyright © 2023. All rights reserved

error: Content is protected !!