Letsplay Indonesia Mengikuti Festival Nusantara Bermain Bermakna dari Ludenara

Festival ini dilakukan di Semarang pada tanggal 5 Mei 2023, dan menampilkan metode inovatif yang telah diciptakan para guru dalam melibatkan permainan dalam pendekatan pengajaran mereka. Event ini melibatkan lebih dari 80 sekolah di seluruh Indonesia.

Tag:
Boardgame

Author:
Admin

Published on:
23 May 2023

SEMARANG, Indonesia – Letsplay Indonesia dengan bangga mengumumkan partisipasinya dalam Festival Nusantara Bermain Bermakna, sebuah inisiatif luar biasa dari Ludere Nusantara (Ludenara). Acara ini bertujuan untuk memperlihatkan hasil karya 13 guru terbaik dari berbagai kota di Indonesia dalam menerapkan game edukasi di kelas mereka.

Festival ini dilakukan di Semarang pada tanggal 5 Mei 2023, dan menampilkan metode inovatif yang telah diciptakan para guru dalam melibatkan permainan dalam pendekatan pengajaran mereka. Event ini melibatkan lebih dari 80 sekolah di seluruh Indonesia.

Game dalam Edukasi

Eko Nugroho, Penasehat Yayasan Ludenara dan Ketua Program, mengungkapkan bahwa Festival Nusantara Bermain Bermakna adalah hasil dari program dua tahun yang telah mengajarkan guru-guru bagaimana mendesain dan memanfaatkan permainan edukasi untuk menciptakan proses belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna di kelas mereka.

Acara ini juga memberikan kesempatan bagi para guru “Champions” untuk memamerkan permainan edukasi yang mereka rancang dan berbagi pengalaman mereka dalam mengajar dengan game.

"Kami percaya bahwa game edukasi dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar. Selain itu, game edukasi juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kritis, kreativitas, dan kolaborasi,"

— Eko Nugroho, Advisor Ludere Nusantara

Festival ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga berfokus pada meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Nugroho menambahkan, “Kami mengundang semua guru dan pendidik lain yang tertarik untuk bergabung dalam festival ini. Bersama-sama, kita dapat menciptakan proses belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi siswa kita.”

Dhinar, guru Sekolah Alam Bogor yang berpartisipasi dalam program ini, mengungkapkan rasa antusiasnya. Menurutnya, dalam era teknologi maju dan keberadaan Artificial Intelligence (AI), guru seolah bersaing dengan derasnya arus informasi. Oleh karena itu, dia sangat mengapresiasi kesempatan untuk menggunakan game sebagai media pembelajaran.

“Dalam program ini, hal yang paling penting adalah mengubah paradigma proses belajar kepada siswa. Yang dulunya konvensional dan menegangkan, kini dibuat lebih menyenangkan dan anak-anak bisa mengikuti proses belajar dengan gembira,” ujarnya.

Penutup

Letsplay Indonesia adalah organisasi yang berkomitmen untuk memberikan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif melalui game edukasi. Mereka percaya bahwa game edukasi adalah cara efektif untuk melibatkan siswa dan membantu mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan di abad ke-21.

Untuk informasi lebih lanjut tentang partisipasi Letsplay Indonesia dalam Festival Nusantara Bermain Bermakna bisa mengakses Letsplayindonesia.com

LetsPlay Indonesia

LetsPlay Indonesia Copyright © 2023. All rights reserved

error: Content is protected !!