Menggairahkan Pembelajaran dengan Game Based Learning

Seiring dengan perkembangan zaman terutama pada bidang teknologi tidak menjadi penghalang bagi dunia pendidikan, mengapa harus tertinggal ? Banyak terobosan untuk mendobrak monotonin kelas dalam pembelajaran menggunakan cara modern dengan hasil yang memukau. Salah satu metode yang telah mengukir jejak baru di dunia pendedikan yakni Game Based Learning.

Gambar WhatsApp 2023-08-24 pukul 10.26.41

Tag:
Game-Based Learning

Author:
Admin

Published on:
24 May 2023

Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dapat melalui Game Based Learning yang merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan unsur permainan untuk meningkatkan keterlibatan dan efektivitas pembelajaran. Dalam konteks Game Based Learning, konsep permainan seperti tantangan, kompetisi, imbalan, dan interaksi digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menggairahkan dan bersemangat. Siswa terlibat dalam aktivitas-aktivitas yang memerlukan pemikiran kritis, kerja tim, dan kreativitas, seolah mereka sedang bermain sebuah permainan.

Dalam konteks ini, permainan dapat berupa permainan komputer, permainan papan, atau aktivitas fisik yang dirancang dengan tujuan. Tujuan utama dari Game-Based Learning adalah meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan relevan.

Main doang mana bisa dapet ilmu ?

Tentu saja bisa. Banyak orang yang memandang sebelah mata akan adanya game untuk media pembelajaran. Justru pada nyatanya belajar dengan game dapat lebih efektif dan efisien serta membantu menjadi lebih lebih bahagia dan mengurangi tekanan yang akan terjadi akibat terlalu fokus belajar. Mari simak sedikit info yang ada dibawah untuk dapat mengetahui apasih pentingnya dan bagaimana pengaplikasian Game Based Learning.

Pentingnya Game Based Learning

Acuh terhadap pendidikan tidak lagi menjadi sesuatu yang terlihat penting dan serius. Namun, pada kenyataannya pendidikan masih menjadi patokan utama bagi banyak orang untuk dapat menjalani hidup kedepannya. Dengan adanya Game-Based Learning ini dapat mendukung dan meningkatkan minat sesorang untuk belajar banyak hal karena pembawaannya yang lebih fun. Beberapa peran penting Game Based Learning dalam dunia pendidikan antara lain :

  1. Meningkatkan keterlibatan dengan mendorong partisipasi aktif siswa.
  2. Peningkatan retensi informasi yang memicu pemikiran kritis dan analisis.
  3. Pengembangan keterampilan seperti keterampilan akademis, kerja tim, kepemimpinan dan kerjasama.
  4. Pembelajaran aktif dengan menerapkan konsep strategi guna memperdalam pemahaman.
  5. Pembelajaran Kolaboratif dapat mendorong siswa untuk kerja sama, berkomunikasi, dan memecahkan masalah bersama.

Dengan direalisasikannya Game Based Learning juga dapat membantu psikologis tetap sehat dan seimbang. Pembawaannya yang fun secara tidak langsung dapat merefresh otak serta mood menjadi lebih baik dan membentuk hidup yang lebih bergairah.

 

“Tetap waras menggali ilmu dengan Game-Based Learning”

— Wahyu Mita



Pengaplikasian Game Based Learning

Pengaplikasian Game Based Learning dapat dilakukan dalam berbagai aspek. Baik pendidikan ataupun bisnis. Salah satu strat up yang mendukung terealisasinya Game-Based Learning yakni Let’s Play. Let’s Play adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan dan implementasi solusi pembelajaran inovatif, terutama dengan menggunakan pendekatan Game Based Learning. Perusahaan ini memahami potensi yang dimiliki oleh penggabungan unsur permainan dengan pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan efektif. 

Yang Let’s Play lakukan untuk mendukung Game Based Learning antara lain :

  1. Pengembangan Platform Game Based Learning : Let’s Play dapat mengembangkan platform pembelajaran berbasis permainan yang dirancang khusus untuk memfasilitasi Game Based Learning. Platform ini dapat berisi berbagai jenis permainan yang dirancang untuk menyampaikan konsep pembelajaran dalam cara yang menarik dan interaktif.

  2. Kurikulum yang di desain Khusus : Let’s Play dapat merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan klien atau institusi pendidikan. Kurikulum ini akan mengintegrasikan elemen permainan untuk memastikan pembelajaran lebih menarik dan berkolaborasi dengan pendekatan pembelajaran tradisional.

  3. Pembuatan Simulasi dan Skenario : Let’s Play dapat menciptakan simulasi dan skenario berbasis permainan yang mencerminkan situasi dunia nyata.

  4. Pengukuran dan Evaluasi Kinerja : Let’s Play dapat menyediakan media  untuk mengukur kinerja siswa atau peserta pelatihan dalam lingkungan Game Based Learning, guna mengidentifikasi perkembangan individu.

  5. Pelatihan dan Dukungan Let’s Play dapat memberikan pelatihan kepada para pendidik atau pelatih dalam menggunakan platform atau alat Game Based Learning. 

  6. Penyesuaian Berdasarkan Umpan Balik : Let’s Play terus memastikan pembelajaran tetap relevan, menarik dan interaktif dengan mengembangkan solusi Game Based Learning dengan baik.

Dengan sinergi antara Game Based Learning dan perusahaan Let’s Play, pendidikan dan pelatihan dapat lebih dinamis, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan zaman. Let’s Play membuka jalan untuk pemanfaatan teknologi dalam menciptakan lingkungan belajar yang merangsang, serta mengoptimalkan potensi pengembangan individu dalam cara yang menghibur dan interaktif.

 
 

LetsPlay Indonesia

LetsPlay Indonesia Copyright © 2023. All rights reserved

error: Content is protected !!