Malang, 20 Juni 2024 – Let’s Play Indonesia hadir untuk mengisi acara sekaligus sebagai pemateri dalam acara Studi Banding yang diselenggarakan pada 20 Juni 2024. Studi Banding ini diikuti oleh 50 mahasiswa Program Studi D4 Desain Grafis Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Angkatan 2022. Acara ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk lebih mengenal industri kreatif secara langsung dan memperkuat hubungan antara akademisi dan praktisi di bidang desain grafis dan industri kreatif.
Studi banding ini dirancang dengan tujuan utama untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai bagaimana industri kreatif beroperasi secara profesional. Mulai dari proses ideasi hingga tahap akhir produksi, mahasiswa diajak untuk memahami lebih dalam dinamika dunia industri yang terus berkembang ini. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk membangun jaringan yang lebih kuat antara mahasiswa dengan praktisi, sehingga tercipta kolaborasi yang dapat memperkaya pengalaman akademis dan praktis mereka.
Rangkaian Kegiatan
Acara yang berlangsung dari pukul 15.00 hingga 17.00 WIB ini dikemas dengan berbagai kegiatan edukatif. Salah satu sesi utama adalah pengenalan tentang potensi pembuatan aset ilustrasi yang diaplikasikan pada game pendidikan. Dalam sesi ini, mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana ilustrasi menjadi komponen penting dalam pengembangan game, khususnya dalam game pendidikan yang memiliki nilai edukatif tinggi.
Kemudian, mahasiswa diperkenalkan pada proses alur produksi dalam pembuatan game, yang meliputi tahap ideasi, pengembangan konsep, desain prototipe, hingga produksi akhir. “Kami ingin mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga melihat langsung bagaimana sebuah game dikembangkan dari nol hingga siap digunakan oleh pengguna,” ujar salah satu narasumber dari Let’s Play Indonesia. Tidak ketinggalan, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung Si Centing (Simulasi Cegah Stunting), sebuah game yang dikembangkan oleh Let’s Play Indonesia untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pencegahan stunting. Melalui sesi ini, mahasiswa dapat melihat bagaimana game dapat digunakan sebagai alat edukasi yang efektif. Sesi bermain ini bukan hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan wawasan baru mengenai potensi game sebagai media edukasi yang berdampak.
Perwakilan Let’s Play Indonesia menyampaikan rasa puasnya atas kesuksesan acara ini. “Kami sangat bersemangat bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman langsung dengan mahasiswa UNESA. Industri kreatif, terutama dalam bidang pengembangan game, memiliki potensi yang luar biasa di Indonesia. Melalui acara seperti ini, kami berharap dapat menginspirasi generasi muda untuk terus berinovasi dan menjajaki berbagai peluang dalam industri ini,” ujar salah satu perwakilan Let’s Play Indonesia.
Mahasiswa UNESA menunjukkan antusiasme yang tinggi sepanjang acara. Mereka terlibat aktif dalam sesi diskusi, bertanya tentang tantangan dan peluang dalam industri kreatif, serta ikut serta dalam sesi bermain game dengan penuh semangat. Salah satu peserta, mengungkapkan, “Acara ini benar-benar membuka mata saya tentang bagaimana dunia industri kreatif bekerja. Ini pengalaman yang sangat berharga bagi saya dan teman-teman.”
Kesimpulan
Acara Studi Banding Universitas Negeri Surabaya ini tidak hanya berhasil memberikan wawasan baru kepada para mahasiswa tentang industri kreatif, tetapi juga mempererat hubungan antara dunia akademis dan industri. Melalui pengalaman langsung, para mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses kreatif dalam pembuatan game dan pentingnya kolaborasi dalam dunia bisnis kreatif. Let’s Play Indonesia berharap acara ini dapat menjadi awal dari berbagai kolaborasi antara akademisi dan industri untuk mencetak talenta-talenta baru di dunia kreatif Indonesia.
Kontak Media
Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini, silakan hubungi:
Let’s Play Indonesia
Email: info@letsplay.id
Telepon: +62 857-3362-494